/**/

Kamis, 22 April 2010

Seorang Petani Jago Menciptakan Robot

. Kamis, 22 April 2010


Petani selama ini identik dengan dunia tanaman, tapi berbeda dengan petani yang satu ini. Tak hanya bercocok tanam, ia juga mengembangkan 47 robot untuk membantu aktivitasnya. Wu Yulu, petani berusia 49 tahun yang hidup di pinggiran Beijing, mendadak terkenal karena robot yang diciptakannya. Robot ciptaan Wu tak hanya menarik perhatian publik China tetapi segera akan memikat dunia internasional.

Wu tidak membutuhkan biaya yang tak terlalu mahal dalam mengembangkan robot tersebut. Berbekal kreatifitas dan semangat yang gigih, Wu menyulap berbagai barang rongsokan menjadi robot. Total ada lebih dari 47 robot yang berhasil diciptakannya. Diantara robot tersebut ada yang bisa menuangkan teh, menyalakan api untuk rokok dan membuat lukisan.

Dilansir Reuters, Rabu (21/4/2010), Wu yang hanya tamatan sekolah dasar ini telah membuat kagum masyarakat China dan dielu-elukan bak pahlawan berkat penemuannya. Kini, media asing bermaksud mempublikasikan Wu dan robotnya tersebut pada hajatan Shanghai World Expo yang akan berlangsung mulai bulan depan hingga Oktober.

"Saya terkenal sekarang. Saya mengerjakan semua ini lebih dari dua puluh tahun," kata Wu dengan bangga.

"Pada Shanghai World Expo nanti saya bisa mendapat lebih banyak perhatian masyarakat. Disini saya mewakili masyarakat petani, dan ini sangat menyenangkan," tambahnya.

Wu mengungkapkan, membuat robot merupakan hobi turun temurun di keluarganya. Dia mulai membuat robot sejak tahun 1986. Saking tergila-gilanya menciptakan robot, Wu sampai pernah meminta istrinya untuk menceraikannya setelah dia menghabiskan semua uang tabungan untuk membuat robot.

Saat ini, penemuan terbaru Wu adalah sebuah robot yang bisa memijat. "Saya ingin membuat lebih banyak robot bermanfaatyang bisa membantu manusia. Saya juga merancang robot yang bisa memotong daging ketika memasak," ujarnya.

Salah satu robotnya yang bisa melukis, sudah pernah dipamerkan di Jepang, Korea dan Hong Kong. "Sangat mungkin bagi saya untuk bisa mengunjungi Inggris dalam waktu dekat," kata Wu tanpa menyebutkan tanggal pasti kepergiannya ke negara tersebut.



Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut

Blog arsipberita.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Dimensi berita