/**/

Minggu, 16 Mei 2010

Tips menghemat listrik komputer

. Minggu, 16 Mei 2010


Bagi yang punya komputer di rumah, kantor, sekolah, kampus, toko, dsb dengan menggunakan sistem operasi windows bisa mengurangi konsumsi daya listrik dengan melakukan beberapa setting di komputernya.

Dengan mengurangi jumlah listrik yang kita gunakan diharapkan mampu memangkas biaya untuk membayar tagihan listrik serta turut berperan aktif dalam mengurangi pemanasan global yaitu gerakan pendinginan global.

Trik Tahap/Langkah Untuk Otomatisasi Dalam Mematikan Komputer Jika Tidak Dimanfaatkan:

1. Untuk menuju menu pilihan settingan power pada layar utama atau desktop klik kanan lalu pilih properties, lalu pilih tabulasi screen saver dan tekan tombol yang bertuliskan power. Cara lainnya yaitu dari menu control panel di windows eksplorer pilih power options.

2. Kalau kotak pilihan setting tenaga listrik sudah terbuka kita tinggal setting sesuai dengan situasi, kondisi, toleransi dan kebutuhan kita.
- Turn off monitor : Kita bisa mematikan monitor secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 15 minutes berarti layar monitor akan mati setelah 15 menit tidak ada aktivitas di komputer.
- Turn off hard disks : Kita bisa mematikan semua hard disk secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 1 hour berarti semua harddisk akan dimatikan setelah satu jam tidak ada aktivitas di komputer.
- System standby : Kita bisa mematikan sementara sistem komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 2 hours berarti komputer akan akan mati sementara setelah dua jam tidak ada aktivitas di komputer. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang.
- System hibernate : Kita bisa mematikan komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 4 hours berarti komputer akan akan mati sementara setelah empat jam tidak ada aktivitas di komputer. Jangan lupa pada tabulasi Hibernate pilih enable hibernation. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang.

3. Untuk mengaktifkan kembali coba goyang atau klik di mouse (tetikus). Jika tidak bisa coba tekan tombol di keyboard. Jika ternyata power mati coba tekan tombol power di cpu komputer kita. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



Related Post



1 komentar:

Shuhadi mengatakan...

Mau tau donk cara memperkecil pengeluaran.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

Pengikut

Blog arsipberita.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Dimensi berita