/**/

Rabu, 19 Mei 2010

Menteri Keuangan Yang Baru Pengganti Sri Mulyani

. Rabu, 19 Mei 2010


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi mengangkat Direktur Bank Mandiri Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati yang mengundrukan diri. "Setelah mendengar masukan dan pertimbangan secara resmi saya mengangkat Agus Martowardojo," kata Presiden Yudhoyono di kediaman resminya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/5) malam.

Selain mengangkat Agus, Presiden Yudhoyono juga mendapuk Anny Ratnawati sebagai Wakil Menteri Keuangan menggantikan Anggito Abimanyu. Sebelumnya Anny menjabat Direktur Jenderal Keuangan Kementerian Keuangan. "Agus dan Anny saya anggap cakap (memimpin Kementerian Keuangan)," ujar PresidenYudhoyono.

Pengangkatan tersebut sekaligus menepis semua isu yang beredar tentang siapa sosok pengganti Sri Mulyani di jabatan prestisius itu. Selain Agus, sejumlah nama sempat dicalonkan sebagai pengganti Menteri Keuangan. Nama-nama tersebut antara lain adalah Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Darmin Nasution, dan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Fuad Rahmany, serta Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Anny Ratnawati.

Agus Dermawan Wintarto Martowardojo lahir di Amsterdam, Belanda, pada 24 Januari 1956. Namanya cukup kondang di kalangan bankir Indonesia. Sejak Mei 2005, Agus menjabat Direktur Utama Bank Mandiri, menggantikan ECW Neloe yang terlibat kasus korupsi. Bankir yang tahun lalu digaji Rp 199 juta per bulan oleh Bank Mandiri ini, pada 2008 sempat tidak lolos uji kelayakan dan kepatutan di DPR menjadi calon Gubernur Bank Indonesia yang diajukan Presiden.

Sebelumnya Agus bertugas sebagai Direktur Utama Bank Permata selama tiga tahun. Selain di Mandiri dan Permata, ia pernah pula bekerja di Bank of America (1984), Bank Niaga (1986-1994), Bank Bumiputera (Direktur Utama; 1995-1998), Bank Exim (Direktur Utama; 1998) dan BPPN (2002). Agus adalah alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1984.



Related Post



1 komentar:

dimdroid mengatakan...

Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

Pengikut

Blog arsipberita.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Dimensi berita