/**/

Jumat, 21 Mei 2010

Ibu Ini Melahirkan Enam Bayi Kembar

. Jumat, 21 Mei 2010


Seorang ibu berhasil melahirkan enam bayi kembar atau sextuplets di Rumah Sakit Oxfordshire, Inggris. Vicky Lamb mencatatkan dirinya sebagai ibu pertama yang melahirkan sextuplets di Inggris dalam kurun waktu lebih dari 25 tahun terakhir.

Tim dokter dan para perawat berhasil mengeluarkan empat bayi perempuan dan dua bayi laki-laki dari perut Vicky pada Jumat (14/5/2010) atau 14 pekan lebih awal dari proyeksi kelahiran normal. Bayi paling mungil hanya memiliki bobot seberat 600 gram, sedangkan yang terbesar seberat 905 gram. Keenam bayi itu kini masih dirawat secara intensif di Rumah Sakit John Radcliffe, Oxford.

Vicky dan suaminya, Andy Lamb, tinggal di Oxfordshire. Mereka juga telah dikarunai seorang anak perempuan berusia lima tahun. Belum diketahui apakah kelahiran sextuplets ini dibantu dengan terapi kesuburan atau bayi tabung.

"Beberapa hari ke depan akan menjadi masa kritis. Bayi yang lahir secara prematur membutuhkan banyak perawatan khusus. Mereka akan mendapatkan perawatan intensif dari spesialis pada saat ini dan kondisi mereka dipantau secara konstan," ungkap dr Kenny McCormick, konsultan neonatolog, seperti dikutip Telegraph, Jumat (21/5/2010).

Kelahiran sextuplets di dunia jarang terjadi, yakni hanya satu dari 4,5 juta kehamilan. Meski kemajuan medis memungkinkan bayi prematur dapat bertahan hidup, kelahiran sextuplets terakhir di Inggris terjadi pada 1983.

Enam putri kembar yang lahir dari pasangan Graham dan Janet Walton adalah sextuplets pertama yang semuanya masih hidup. Pasangan Walton yang tinggal di Liverpool sempat menjalani terapi kesuburan selama bertahun-tahun sebelum akhirnya dikaruniai Hannah, Lucy, Ruth, Sarah, Kate, dan Jenny.

Tahun lalu, dunia juga mencatat wanita asal AS Nadya Suleman yang melahirkan delapan anak (octuplets) di California. Pada Mei tahun lalu di Irlandia, kelahiran sextuplets juga dialami pasangan Austin dan Nuala Conway yang melahirkan empat bayi laki-laki dan dua perempuan.

Tiga tahun lalu, seorang wanita Rusia melahirkan lima bayi kembar (quintuplets). Vavara Artamkin (29) melahirkan Elizaveta, Alexandra, Nadezhda, Tatiana, dan Varvara 14 minggu lebih awal pada November 2007.



Related Post



1 komentar:

Anonim mengatakan...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

Pengikut

Blog arsipberita.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Dimensi berita