/**/

Minggu, 18 Juli 2010

15 Negara Ikut Sail Indonesia 2010

. Minggu, 18 Juli 2010


Sebanyak 15 negara dipastikan ikut ambil bagian dalam Sail Indonesia 2010 dan p Para peserta akan menjadikan Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai persinggahannya sebelum menyinggahi daerah lain di tanah air.

"Jumlah peserta Sail Indonesia 2010 ini berasal dari 15 negara. Mereka akan menggunakan 65 kapal layar," kata Ketua Dewan Pengurus Yayasan Cinta Bahari Indonesia (YCBI) Raymond T. Lesmana dalam percakapan dengan ANTARA melalui telepon genggam, Minggu terkait persiapan Sail Indonesia 2010.

Yayasan Cinta Bahari Indonesia adalah penggagas sekaligus menyelenggara Sail Indonesia yang sudah berlangsung selama delapan tahun terakhir ini.

Raymond Lesmana mengatakan, pada 20 Juli akan dilakukan pertemuan terakhir untuk seluruh peserta di Darwin, Australia. Mereka akan diberi penjelasan tentang rute pelayaran selama sekitar lima bulan berada di Indonesia.

Setelah mengikuti penjelasan, maka para peserta mulai bertolak dari Darwin menuju Kupang pada 24 Juli dan diperkirakan tiba di pantai Kupang pada 27-28 Juli , katanya.

Di Kupang para peserta akan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Pulau Timor sebelum melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Alor, Lembata, Maumere, Ende, Ngada, dan Labuan Bajo.

Dia menambahkan, pihak sedang merancang rute perjalanan baru ke empat titik baru di wilayah NTT yakni Sabu Raijua, Rote Ndao, Sumba Timur dan Sumba Barat Daya.

"Untuk Sail Indonesia 2010, kami akan mencoba membuka rute pelayaran baru ke empat titik di wilayah NTT yang kami pandang memiliki potensi untuk dijual ke dunia internasional melalui para peserta Sail Indonesia," katanya.

Menurut dia, tidak semua peserta Sail Indonesia diminta menyinggahi titik-titik baru yang akan dibuka pada pelayaran tahun ini tetapi hanya beberapa peserta yang diarahkan untuk menyinggahi empat titik baru ini.

Di Pulau Sabu Raijua, Sumba dan Rote, para peserta akan dipandu untuk melihat kekayaan budaya yang dimiliki daerah-daerah ini untuk diceriterakan kembali kepada para peserta lainnya.

Lesmana mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah di empat kabupaten ini untuk mempersiapkan tempat labuh bagi para peserta, sekaligus memandu peserta untuk mengunjungi tempat-tempat pariwisata yang dipandang memiliki nilai jual.



Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

Pengikut

Blog arsipberita.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Dimensi berita