/**/

Senin, 05 Oktober 2009

Telur Dinosaurus Ditemukan di India

. Senin, 05 Oktober 2009


CHENNAI - Ahli geologi menemukan sekumpulan fosil telur dinosaurus yang diperkirakan berumur sekira 65 juta tahun. Sekumpulan fosil telur tersebut ditemukan di sebelah selatan India, tepatnya di wilayah Tamil Nadu.

"Kami menemukan berlapis-lapis telur berukuran bulat dan bagian tubuh dinosaurus. Setiap kumpulan tersebut berisi delapan buah telur," kata ahli geologi dari Periyar University M Ramkumar yang memimpin studi ini.

Reuters, Senin (5/10/2009) melansir, telur tersebut berukuran diameter 13 sampai 20 cm dan tersimpan dalam sebuah sarang di dalam pasir berukuran lebar 1,2 meter. Telur-telur tersebut ditemukan selama penelitian yang diadakan institusi sains Jerman dan India.

Kumpulan telur tersebut tertutupi abu tebal yang berasal dari erupsi vulkanik di dataran tinggi Deccan. Dataran ini diklaim oleh para ahli geologi sebagai tempat dimana dinosaurus punah.

Situs sarang telur itu ditemukan di sepanjang tepian dan dasar sungai Cauvery. Dalam situs itu terdapat sekumpulan telur yang telah menjadi fosil karena tempaan proses alam, serta terdapat tulang dan sisa-sisa kotoran dinosaurus.

"Sejumlah besar telur yang tersimpan rapi dan utuh itu mengindikasikan bahwa dinosaurus memiliki kebiasaan menyimpan telur di satu tempat yang sama," kata tim survei lainnya, Anbarasu.

Untuk menjaga penemuan-penemuan serupa, para ilmuwan telah meminta pejabat setempat untuk menjaga situs tersebut. Mereka berharap penemuan ini akan membuka jalan bagi penemuan lainnya di wilayah India.



Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

Pengikut

Blog arsipberita.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Dimensi berita