/**/

Minggu, 08 November 2009

27 SPBU di Jalur Hijau DKI Jakarta Resmi Ditutup

. Minggu, 08 November 2009


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk terus menambah ruang terbuka hijau hingga mencapai 13,9 persen dari total luas wilayah DKI Jakarta. Salah satunya dengan menutup stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) di jalur-jalur hijau.

Minggu ( 8/11 ) pagi, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo secara resmi menutup 27 SPBU yang berada di jalur-jalur hijau tersebut.Penutupan dilakukan secara simbolik oleh Foke, panggilan Fauzi Bowo, dengan menutup dan menyegel SPBU yang terletak di jalan Jenderal Sudirman tepat di bawah flyover Semanggi.

Penutupan SPBU ini mengacu pada Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 75 tahun 2009 tentang Pelaksanaan Penertiban dan Refungsionalisasi SPBU yang beroperasi di jalur hijau dan daerah milik jalan (Damija) serta Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 138 Tahun 2005 tentang Larangan Mengeluarkan Rekomendasi, Izin, dan Perpanjangan Izin SPBU yang berada di jalur hijau.

"Kita akan kembalikan fungsi ruang terbuka hijau di bekas-bekas SPBU. Saya gembira jika ini bisa lebih bermanfaat bagi warga jakarta," kata Foke dalam sambutannya.

Menurut Foke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta teah mengalokasikan dana sebesar Rp 50 juta per SPBU untuk biaya penutupan. Sedangkan dana sosialisasi disiapkan Rp 25 juta. Dengan ditutupnya 27 SPBU tersebut, kata Foke, maka ruang terbuka hijau di DKI Jakarta akan bertambah sekitar empat hektar.

Proses refungsionalisasi SPBU menjadi taman kota ini, dikatakan Foke, kedepannya juga akan melibatkan perusahaan-perusahaan dan instansi swasta. "Tahun depan kita akan mulai merefungsi melalui program CSR perusahaan," tuturnya.

Pembongkaran itu sendiri akan dilakukan bertahap. Pada tahap pertama yakni hingga akhir tahun 2009 ini, Pemprov DKI akan melakukan penutupan dan penyegelan 27 SPBU. Lalu pada tahap kedua yang dilakukan pada 2010 , akan dilakukan pembongkaran dan pengubahan menjadi taman-taman kota.



Related Post



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 

Pengikut

Blog arsipberita.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Dimensi berita