/**/

Kamis, 25 November 2010

Ratu Elizabeth II Berkerudung ke Masjid

. Kamis, 25 November 2010
3 komentar

Setelah first lady Amerika Serikat, Michele Obama, berkerudung di Masjid Istiqlal Jakarta, kini giliran Ratu Elizabeth II melakukan hal serupa.

Ia bahkan mengenakan jubah panjang warna keemasan, kerudung juga keemasan, tetapi masih dengan topinya saat memasuki Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Ratu bersama Raja Philip dan rombongan.

Rombongan ratu Inggris ini begitu turun dari British Airways dari London langsung ke masjid terbesar di UEA, peninggalan pendiri Kerajaan UEA Sheikh Zayed, Rabu (24/ 11/2010), dalam kunjungan pertamanya sejak 31 tahun terakhir.

Sebelum memasuki ruang utama masjid megah itu, Ratu juga menyempatkan diri ke makam Sheikh Zayed, pendiri Uni Emirat Arab.

Ratu menggarisbawahi bahwa UEA adalah negara sahabat yang penting bagi Inggris. Pasangan Kerajaan Inggris itu juga disertai Pangeran Andrew, Duke of York, yaitu anak ketiga dari Ratu Elizabeth II.

Dalam kunjungan itu juga dibicarakan terkait rencana pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton pada 29 April 2011 mendatang.

Saat Ratu mengenakan jilbab dan jubah panjang menjadi perhatian media di dunia. Apalagi ketika Ratu memasuki ruang utama masjid dengan hamparan karpet 35 ton terbesar di dunia, yang konon harus dikerjakan oleh 1.200 perempuan Iran itu.

Sang Ratu pun berjalan di atas karpet yang empuk itu dengan menggunakan stocking warna kulit dan kaus tangan tipis putih.

Adapun perempuan lain dari rombongan itu mengenakan abaya hitam panjang sebagaimana orang Arab. Jubah atau gaun panjang sang Ratu hingga kaki, bersulam emas dan kristal tampak gemerlap. Selendang atau jilbabnya diikat di kepala, menutup topi kotak dan rambutnya.

Setelah di Abu Dhabi, rombongan pasangan Kerajaan Inggris itu akan mengunjungi Oman, tetangga UEA, dalam rangka hubungan bisnis dan investasi. Rencananya rombongan Kerjaan Inggris mengadakan lawatan selama lima hari di Timur Tengah.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Rumah Mbah Maridjan Dijadikan Monumen

.
0 komentar

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, merencanakan menjadikan rumah kediaman juru kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, sebagai monumen erupsi gunung itu.

"Dusun Kinahrejo yang berjarak sekitar lima kilometer dari puncak Merapi luluh lantak diterjang awan panas saat erupsi gunung ini pada 26 Oktober 2010, dan Mbah Maridjan beserta sejumlah warga dusun setempat ikut tewas," kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Sleman Shavitri Nurmala Dewi, di Yogyakarta, Rabu.

Usai dialog tentang pemulihan pariwisata DIY di gedung PWI Yogyakarta, ia mengatakan wacana membangun rumah Mbah Maridjan sebagai monumen erupsi Gunung Merapi dapat direalisasikan jika gunung itu sudah aman dan kondusif.

"Meskipun demikian, kami dalam merealisasikan pembangunan monumen tersebut tetap berkoordinasi dengan instansi yang berkompeten di antaranya Pemerintah Provinsi DIY, serta Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta," katanya.

Menurut dia, pembangunan monumen tetap memperhatikan asas keselamatan bagi masyarakat yang akan mengunjungi tempat itu, dan aktivitas gunung direkomendasikan sudah aman, meskipun Dusun Kinahrejo nantinya dinyatakan sebagai zona bahaya, dan tidak menjadi permukiman.

Dengan demikian, kata dia, jika monumen tersebut dapat direalisasikan, nantinya masyarakat hanya boleh berada di monumen itu hanya beberapa jam, dan mereka kemudian harus segera meninggalkan tempat tersebut.

Ia mengatakan instansinya kini berupaya meminta izin penggunaan rumah Mbah Maridjan sebagai monumen erupsi Gunung Merapi kepada keluarga almarhum juru kunci Merapi itu.

"Kami menunggu kepastian izin dari keluarga almarhum Mbah Maridjan agar rumahnya boleh digunakan sebagai monumen. Sebagian bangunan rumah Mbah Maridjan masih utuh, sehingga tidak perlu banyak membangun," katanya.

Mengenai sumber dana pembangunan monumen tersebut, ia mengatakan diharapkan dari APBD Kabupaten Sleman, dan jika ada pihak swasta yang ingin berpartisipasi, dipersilakan.

"Kami terbuka untuk menerima partisipasi dari swasta untuk bersama-sama membangun monumen erupsi Gunung Merapi," katanya.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Busyro Terpilih Jadi Pimpinan KPK Baru

.
0 komentar

Komisi III DPR akhirnya memilih Busyro Muqoddas sebagai salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Busyro memperoleh 34 suara sementara Bambang Widjojanto memperoleh 20 suara.

Pantauan VIVAnews.com, dari seluruh anggota Komisi III DPR di gedung DPR, Kamis 25 November 2010, hanya satu suara yang bersikap abstain. Total suara berjumlah 55 suara.

Busyro yang juga mantan Ketua Komisi Yudisial dengan ini terpilih sebagai pengganti Antasari Azhar. Busyro akan memegang jabatan pimpinan KPK selama satu tahun.

Dari total 55 anggota Komisi III, sebanyak 13 anggota dari Fraksi Demokrat, 9 anggota dari Fraksi Golkar, 9 anggota dari Fraksi PDI Perjuangan, 4 anggota dari Fraksi PKS, 4 anggota dari Fraksi PPP, 4 anggota dari Fraksi PAN, 3 anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa, 3 anggota dari Gerindra, 2 anggota dari Fraksi Hanura, dan ditambah empat pimpinan.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Senin, 15 November 2010

Satu Juta Ponsel di China Terkena Virus Zombie

. Senin, 15 November 2010
3 komentar

Sudah lama tidak terdengar adanya virus yang menyerang ponsel sejak jaringan Telefonica di Italia terkena virus yang sempat menghebohkan, namun untungnya virus tersebut tidak menyebar higga ke tanah air.


Namun baru-baru ini dikabarkan telah kembali muncul virus ponsel yang bernama Zombie Virus yang menyerang satu juta perangkat ponsel di kawasan China.

Menurut Shanghai Daily, virus tersebut menyamar menjadi prohram anti-virus yang akhirnya meng-inveksi hingga satu juta perangkat ponsel di kawasan tersebut, yang menyebabkan ponsel tersebut rentan terhadap serangan yang dilakukan oleh si pembuat virus tersebut.

Dengan metode penyerangan seperti itu, ponsel korban nantinya akan dapat disusupi oleh hacjer yang memungkinkan bagi seorang hacker untuk melakukan pengiriman SMS premium, dan mengakses ke konten premium yang bisa merugikan secara finansial bagi penggunanya, serta membuat gangguan umum lainnya.

Ironisnya, pemerintah yang membantu melacak si pembuat anti-virus tersebut juga meemukan bahwa sebenarnya si pembiat abti-virus tersebut sebenarnya adalah korban yang kebetulan aplikasinya disusupi oleh virus tersebut. Hingga tulisan ini dibuat pelaku pembuat virus ini masih belum ditemukan.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Tips Memilih Flash Disk yang Baik

.
0 komentar

Mungkin ada sebagian orang yang bertanya-tanya dengan banyaknya jenis flashdisk sekarang ini, bagaimana membeli flashdisk yang terbaik ?. Berikut ada beberapa tips sederhana untuk memilih flashdisk.

Dukungan software
Anda dapat memilih flashdisk yang memiliki chip pengontrol di setiap unitnya. Chip pengontrol ini akan memudahkan Anda untuk meng-install USB flash disk dengan berbagai macam software portabel, seperti: Security Software, Partition Software, File Synchronization, dan lain-lain. Security Software sangat penting dalam memastikan data sensitive Anda tidak jatuh ke tangan orang tak berwenang. Anda dapat memilih flashdisk yang kompatible dengan beberapa system operasi, tanpa harus menggunakan driver atau tidak tergantung dengan driver tertentu.

Perhatikan kecepatan transfer data
Faktanya, kecepatan transfer data dari USB 2.0 berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s, namun kecepatan tersebut akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub. Walaupun USB 2.0 memiliki kecepatan lebih baik dari USB 1.1, dengan kecepatan 1.5 Mb/s.

Perhatikan desain dan kelengkapannya
Tidak hanya desain dan model fisik flashdisk yang sesuai dengan selera Anda, namun yang harus diperhatikan juga adalah kelengkapan produknya, seperti tali gantungan, tutup casing flashdisk, paket CD driver, fasilitas anti air, pengunci manual di luar casing, kabel USB, dan aksesoris lainnya.

Perhatikan kapasitas flashdisk
Anda dapat membeli flashdisk, tentunya yang sesuai kebutuhan dan tidak sampai kurang sehingga Anda harus membeli lagi, misalnya kapasitas ideal 2GB, dan sesuai dengan budget Anda.

Perhatikan garansi
Garansi sebisa mungkin life time, namun pemakaian rata-rata flashdisk pada umumnya hanya sekitar 2 hingga 3 tahun, bisa karena bosan memakainya atau mungkin Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Hal inilah yang menjadi dasar anggapan bagi sebagian orang bahwa masa garansi cukup hanya 2 hingga 3 tahun.

Perhatikan informasi manufaktur dan distributor
Pilihlah flashdisk yang handal dan memiliki service center yang jelas. Anda harus memastikan kebenaran informasi mengenai produsen dan distributornya, dan cara menghubungi mereka. Hal ini berguna jika Anda semisal mengalami masalah dengan flashdisk, atau klaim garansi, ketika outlet tempat Anda membeli flashdisk tidak bersedia melayani klaim Anda.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Jumat, 12 November 2010

Hewan Yang Mempunyai Testis Terbesar Di Dunia

. Jumat, 12 November 2010
0 komentar

Bila ditanya, binatang apa yang punya testikel terbesar? Mungkin banyak yang akan menjawab, "kuda!"

Sayangnya, jawaban itu salah. Sebab binatang pemegang rekor ukuran testikel terbesar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya adalah: Jangkrik bushcricket (Platycleis affinis).

Seperti dikutip dari LiveScience, di Australia dan Amerika, jangkrik jenis ini dikenal juga sebagai tonggeret. Menurut pakar ekologi tingkah laku dari University of Derby Inggris Karim Vahed, jangkrik ini di Eropa bagian Selatan bisa dijumpai di daerah berumput.

Menurut para peneliti, jangkrik jenis ini memiliki ukuran testikel yang besarnya sekitar 14 persen dari seluruh ukuran tubuhnya.Sebagai gambaran, dengan proporsi tubuh seperti itu, bila si jangkrik memiliki tubuh sebesar manusia dewasa, maka testikelnya diperkirakan bakal seberat 12,7 kg, atau lebih berat dari bobot anak setahun.

Si jangkrik sekaligus menumbangkan rekor testikel terbesar, yang dimiliki oleh lalat buah Drosophilla Bifurca, dengan ukuran testikel sebesar 10,6 persen dari seluruh tubuhnya.

Namun, dengan besarnya testikel yang dimiliki, tidak berarti jangkrik ini dapat memproduksi lebih banyak sperma saat ejakulasi, ketimbang spesies lain yang punya testikel lebih kecil.

Hanya saja, stamina yang dimiliki jangkrik bushcricket ini memang lebih 'ngejoss'. "Besarnya testis membuat jangkrik jantan bisa lebih siap melayani hasrat dari jangkrik betina," kata Vahed.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Seeokor Kelelawar Aneh dan Langka Ditemukan Di Sumatera

.
0 komentar

Seekor kelelawar langka ditemukan di sebuah kawasan kecil di hutan hujan pulau Sumatera. Para pemerhati lingkungan menyebutkan, penemuan ini menunjukkan bahwa bahkan secuil sisa hutan sekalipun, tetap perlu dilindungi.

Konservasionis dari Inggris menemukan kelelawar Ridley dengan hidung bagai daun itu ditemukan di hutan yang hanya seluas 300 hektar, saat mereka melakukan survey keanekaragaman hayati di Sumatera Barat, Indonesia.

Kelelawar Ridley berhidung daun (Hipposideros ridleyi) ditemukan bertengger di rongga pohon (di dalam cekungan dan rongga pohon, di bawah pohon-pohon tumbang, dan bongkahan kayu). Oleh International Union for Conservation of Nature, kelelawar tersebut tergolong ke dalam daftar spesies yang terancam dan perlu dilindungi.

Saat ini, hutan kecil di Sumatera itu dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit. Seperti diketahui, perkebunan seringkali dibuat di kawasan hutan yang dibabat dan kemudian semakin meluas ke kawasan tempat berhuninya spesies langka.

Selain kelelawar, pada survey yang dilakukan, ditemukan pula beruang matahari, tapir, siamang tangkas, dan lutung. Semuanya juga termasuk dalam daftar satwa yang terancam punah.

“Penemuan ini menunjukkan bahwa kawasan hutan tertentu merupakan tempat yang paling cocok bagi sejumlah spesies satwa yang perlu dilindungi,” kata Matthew Struebig, ketua peneliti dari University of London, seperti dikutip dari Livescience, 12 November 2010.

Untuk itu, komunitas ilmiah, kata Struebig, perlu mendukung komunitas bisnis dalam mencari cara bagaimana mencegah kehidupan satwa langka untuk jangka panjang.

“Petani kelapa sawit perlu mengidentifikasi kawasan tertentu yang membutuhkan perhatian khusus, meskipun kawasan yang dimaksud berada di tanah ataupun lahan pertanian mereka,” kata Struebig. “Mereka perlu menjaga dan merawat habitat satwa tersebut,” ucapnya.

Kawasan yang disurvey di Sumatera itu saat ini dikelola sebagai kawasan konservasi oleh sebuah perusahaan pemilik perkebunan kelapa sawit. Pengelolaan bertujuan untuk membatasi penebangan dan perambahan hutan. Akan tetapi, efektivitas konservasi dari kawasan hutan tersebut diragukan.

“Melindungi kawasan hutan akan selalu menjadi prioritas bagi pemerhati lingkungan, akan tetapi jika ambisi para pemilik lahan pertanian untuk memperluas kebun kelapa sawit terealisasi, maka menjaga kawasan hutan di dalam perkebunan kelapa sawit juga menjadi hal yang penting untuk menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia,” kata Sophie Persey, dari Zoological Society of London yang juga Oil Palm Project Manager, pada kesempatan yang sama.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Selasa, 09 November 2010

Inilah Menu Makan Malam Presiden Barack Obama di Istana

. Selasa, 09 November 2010
1 komentar

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana menggelar jamuan makan malam kenegaraan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/11/2010), untuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama.

Lantas, menu makan malam spesial apa yang disiapkan pihak Istana bagi orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut?

"Nasi goreng dan bakso," kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (8/11/2010).

Apakah menu "khusus" itu disiapkan atas permintaan Obama? Julian tak menjawabnya secara gamblang. "Kami mencari tahu beliau sukanya apa. Ini sudah lama kami siapkan," kata Julian.

Ketika ditanya apakah pihak Istana turut menyiapkan rambutan, buah kegemaran Obama, Julian mengaku belum mengetahuinya.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Lima Makanan yang Kurang Sehat Untuk Anak | Pantangan

.
0 komentar

Sayang anak bukan berarti memberinya segala jenis makanan dan minuman yang disukainya. Seperti gorengan, burger, camilan kemasan atau kentang goreng. Sebagai orang tua yang cerdas memilih makanan dan minuman yang sehat serta aman untuk anak tercinta sangat penting.

Kami yakin Anda yang memiliki anak sudah mengetahui makanan mana saja yang tidak sehat, memiliki pengawet atau pewarna. Tapi tahukah Anda kalau makanan dan minuman ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan dan perkembangan anak-anak? Meski kita rutin menyantapnya.

Berikut beberapa santapan yang kurang sehat untuk anak Anda, seperti yang dilansir situs Shine:

1. Roti putih, meses dan selai botol

Makanan yang dibuat dari terpung terigu ini menjadi favorit banyak orang yang tinggal di perkotaan sebagai asupan sarapan saat pagi hari. Menyiapkannya mudah, mengenyangkan dan harganya relatif murah. Tapi roti putih berpotensi membuat anak Anda gemuk karena kandungan karbohidratnya tinggi.

Selain itu roti putih juga minim kandungan gizi. Makin berpotensi membahayakan kesehatan jika ditambah olesan selai botol dan meses. Selai botol dan meses buatan pabrik terdapat kandungan bahan pengawet, pewarna dan gula dalam konsentrasi tinggi. Jika terlalu sering dikonsumsi dalam jangka waktu panjang bisa merusak gigi, mulut dan ginjal anak Anda.

Gantilah roti putih dengan roti gandum. Roti gandum dikenal memiliki serat tinggi dan karbohidrat rendah. Jika tak suka rasanya yang tawar, bisa ditambahkan dengan kismis.

2. Kentang panggang dan Roti goreng (pretzel)

Jajanan yang satu ini bukan hanya anak-anak yang doyan, orang dewasa pun demikian. Rasanya gurih dan mengenyangkan. Tapi kentang panggang dan roti goreng punya kandungan lemak dan garam yang tinggi. Nutrisinya juga rendah sehingga kurang bermanfaat untuk daya tahan anak Anda.

Jika ingin kentang panggang yang sehat, tambahkan keju dan daging cincang agar kadar proteinnya tinggi. Jangan lupa brokoli yang direbus tidak terlalu lama sangat baik menangkal sejumlah penyakit.

3. Susu

Susu baik bagi anak. Susu memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang anak. Tapi jangan terlalu lama memberikan susu kepada anak karena kandungan lemaknya tinggi. Lemak yang berlebih pada anak bisa mengakibatkan obesitas atau berat badan yang tidak seimbang. Jika anak mengalami obesitas, ia akan mengalami kesulitan dalam bernafas, beraktivitas, bergaul dan bisa menyebabkan gangguan jantung atau diabetes.

American Academy of Pediatric menganjurkan agar anak yang berusia di atas dua tahun lebih baik meminum susu rendah lemak (low fat milk). Susu rendah lemak tetap mengandung vitamin D dan kalsium, tapi kadar lemaknya rendah.

Tapi akan lebih baik jika anak mendapat air susu ibu (ASI), minimal untuk enam bulan pertama setelah dilahirkan.

4. Pasta apel

Pasta apel, terutama di masyarakat Amerika Serikat, sangat digemari. Harganya murah, praktis dan lezat. Tapi pasta apel tidak sehat karena banyak mengandung bahan pengawet dan gula. Bahan pengawet jika dikonsumsi berlebih bisa berakibat kanker. Gula yang terlalu banyak membuat gigi keropos dan berpotensi kegemukan serta diabetes.

Apel atau buah segar tetap yang paling baik. Biasakan anak-anak menyantap buah segar agar gigi mereka kuat, tidak sariawan, pencernaannya lancar dan jarang sakit flu. Jika anak enggan mengunyah buah, Anda bisa mengirisnya lalu mencampurnya dengan susu rendah lemak dan sereal gandum.

Tapi ingat, buah yang sehat dan segar adalah yang disantap tidak lebih dari lima jam setelah dikupas/dipotong.

5. Makanan kemasan dan minuman soda

Ini salah satu produk yang paling menggoda. Kemasannya menarik mata dan rasanya disukai anak-anak. Sebagian besar makanan kemasan mengandung bahan pengawet. Selain itu kandungan penyedap rasanya (MSG) tinggi. Penyedap rasa tidak baik untuk kecerdasan anak. Selain itu penyedap rasa bisa membuat sariawan bahkan iritasi mulut.

Soda pun demikian. Kandungan gulanya tinggi. Bisa menyebabkan keropos pada gigi anak-anak. Juga berpotensi mengakibatkan keropos tulang dini.

Biasakan anak Anda minum air putih, jus buah segar atau susu rendah lemak. Untuk makanan kemasan, ganti yang terbuat dari rumput laut atau makanan laut. Kedua snack jenis ini tinggi protein, rendah garam dan MSG.

Nah, sebagai orang tua, biasakan Anda memberi contoh makanan dan minuman apa saja yang baik untuk dilahap. Meminta atau mengomeli anak bukan contoh yang baik. Jika asupan anak bergizi dan berimbang, sang buah hati pun akan memiliki daya tahan tubuh dan kecerdasan yang baik.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Acara Silet RCTI di Stop Penanyangannya oleh KPI

.
0 komentar

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memutuskan untuk menghentikan sementara program Silet yang tayang di RCTI. Keputusan diambil menyusul pemberitaan Silet dalam musibah Gunung Merapi di Yogyakarta yang disiarkan Minggu (7/11) lalu. Ketua KPI Dadang Rahmat Hidayat mengatakan, tayangan berdurasi satu jam itu dihentikan sampai pemerintah mencabut status “siaga” pada gunung yang sedang bergolak tersebut.

Sejauh ini, belum ada surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak KPI. Namun, mulai Senin (8/11), KPI sudah menyampaikan putusan tersebut tersebut kepada media. Menurut Dadang, tayangkan Silet dianggap memberikan informasi yang kurang akurat terkait pemberitaan Merapi. "Kami mendapat kabar di Nangulan (sebuah kecamatan di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia) tim relawan dan SAR harus mengurus secara swadaya sebanyak 550 orang pengungsi yang terganggu akibat tayangan di Silet. Begitu besar pengaruh yang diakibatkan oleh media terutama media elektronik. Makanya diharapkan media bisa memerhatikan akurasi berita dan bisa membantu menyelesaikan masalah," terang Dadang di Gedung Bapeten, Lantai 6, Senin (8/11/2010).

Tak hanya itu, Dadang juga mengkhawatirkan masyarakat yang menonton tayangan tersebut. Namun, ia menegaskan jika hal ini tidak akan berimbas kepada Production House (PH) yang memperkejakan orang-orangnya dalam melakukan tugas peliputannya di Merapi. "Dengan ini, kami juga ingin mengingatkan kepada stasiun televisi lain. Kami tidak memberikan sanksi kepada PH, karena enggak ada urusannya dengan PH, jadi programnya saja," paparnya lebih lanjut.

Menanggapi permintaan maaf yang telah dikeluarkan oleh pihak Silet, KPI mengaku menghargainya. Namun, bagi Dadang dampak yang sudah ditayangkan Silet sangatlah buruk bagi masyarakat terutama bagi para korban.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Sabtu, 06 November 2010

5 Keputusan Presiden SBY soal Merapi

. Sabtu, 06 November 2010
0 komentar

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan lima keputusan terkait penanganan letusan Gunung Merapi.
Berikut lima keputusan Presiden yang disampaikan di Kantor Presiden, Jumat (5/11/2010).

1. Kendali operasi tanggap darurat mulai hari ini satu komando berada di tangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dibantu Gubenur DI Yogyakarta, Gubernur Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda Jateng, dan Kapolda DIY.

2. Unsur pemerintah pusat diajukan, dipimpin Menko Kesra, untuk memastikan agar bantuan dari pemerintah pusat bisa lebih cepat, tepat, dan terkoordiansi lebih baik.

3. TNI saat ini telah melakukan persiapan. Akan dikerahkan satu brigade penanggulangan bencana, dipimpin brigadir jenderal. Brigade ini terdiri dari batalyon kesehatan, batalyon semi-tempur untuk konstruksi, batalyon infantri, batalyon marinir, serta batalyon perbekalan dan angkutan. Brigade TNI tersebut bertugas membangun fasilitas rumah sakit lapangan, di samping mengaktifkan fasilitas semua rumah sakit yang ada di daerah itu, serta membangun dapur-dapur umum. Brigade juga memobilisasi angkutan untuk mobilitas masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Koordinasi berada di bawah Kepala BNPB.

4. Polri dikerahkan dan menugaskan satuan tugas penanggulang bencana untuk mengatur lalu litas dan pengamaan kepada masyarakat. Satgas ini juga di bawah Kepala BNPB.

5. Presiden menugaskan Menko Kesra dibantu Gubernur DIY dan Gubernur Jateng serta para bupati daerah bersangkutan untuk membeli ternak para penduduk dengan harga pantas karena selama ini penduduk dinilai merasa berat meninggalkan rumahnya karena terbebani ternak mereka. Kalaupun ada yang membeli, harganya murah sekali.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Jumat, 05 November 2010

Petir Terus Menyambar-nyambar di Puncak Merapi Dini Hari

. Jumat, 05 November 2010
0 komentar

Suara petir dan cahaya kilat menyambar-nyambar terlihat di kawasan puncak Merapi, Jumat (5/11/2010) dini hari. Pemandangan ini menyusul gemuruh hebat yang terjadi sekitar pukul 23.00 diikuti getaran hebat yang sempat mengagetka para pengungsi.

Pukul 00.15 WIB dilaporkan dari Purwobinangun, sejumlah warga melihat kilatan-kilatan cahaya di puncak gunung yang berselimut awan tebal itu. Di berbagai titik, muncul kepanikan karena warga berebut kendaraan dan jalan ke lokasi di bawah yang lebih aman.
Titik pengungsian kini dipusatkan di Stadion Maguwo, Sleman. Di Jalan Kaliurang, suasana hiruk pikuk, dan banyak warga yang belum mendapatkan angkutan.

Di Pesantren Al Qodir, Pakem, puluhan warga berjajar menunggu angkutan yang akan memindahkan mereka ke Stadion Maguwo. Gemuruh dan getaran terus terdengar dan dirasakan hingga radius lebih dari 25 kilometer.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Dampak Dari Ketagihan Onani Atau Masturbasi

.
0 komentar

Onani atau mastrbasi merupakan salah satu perilaku seksual yang sering dilakukan bila seseorang tidak mampu menahan dorongan seksualnya. Karena kurangnya informasi, ada banyak mitos salah yang beredar mengenai onani dan masturbasi. Salah satunya menyebutkan bahwa perilaku seksual ini menyebabkan kemandulan.

Apabila onani menjadi kebiasaan dan dilakukan cukup sering, maka hal itu memang akan berakibat pada kemandulan sementara. Menurut dr Maya Trisiswati, agar dapat membuahi sel telur, sel sperma perlu dimatangkan terlebih dahulu.


"Butuh 72 jam bagi sel sperma untuk matang. Jika sering-sering dikeluarkan lewat onani, maka spermanya tidak bisa matang dan tidak bisa membuahi," kata dokter yang menjadi Kadiv Akses dan Layanan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia.

Karena itu, bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya onani ataupun hubungan seksual sebaiknya tidak dilakukan setiap hari supaya sel sperma bisa matang.

Ia menambahkan, secara medis tidak ada dampak buruk dari melakukan onani. "Sepanjang dilakukan dengan tangan yang bersih dan tanpa alat, boleh-boleh saja melakukan onani atau masturbasi. Ini lebih sehat daripada berganti-ganti pasangan," urainya dalam sebuah acara lokakarya mengenai kesehatan seksual dan reproduksi, beberapa waktu lalu di Bandung.

Meski tidak berdampak secara medis, dr Maya mengingatkan dampak psikologis dari kebiasaan melakukan onani. Bila menjadi kebiasaan dan kemudian ketergantungan, perilaku ini bisa memengaruhi perkembangan otak. "Yang akan berkembang pesat adalah otak yang mengarah pada kesenangan sehingga bisa mengarah pada perilaku obsesif kompulsif," katanya.

Terlalu sering melakukan onani atau masturbasi juga menunjukkan ketidakmampuan kita mengendalikan dorongan seksual, yang berarti pikiran kita lebih banyak dipenuhi oleh hal-hal yang bersifat erotis.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Rabu, 03 November 2010

Besok DPR Akan Digoyang Tari Perut

. Rabu, 03 November 2010
0 komentar

Miris melihat anggota DPR tak menggubris imbauan masyarakat untuk moratorium kunjungan ke luar negeri, puluhan aktivis akan menghadiahi wakil rakyat dengan aksi teatrikal tari perut di depan Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/11/2010) besok.

Karena tujuannya menyindir, aksi tari perut tersebut akan dibawakan oleh dua orang pria. "Intinya, kritik terhadap anggota DPR yang tidak mengindahkan kritik dan imbauan masyarakat agar anggota DPR melakukan moratorium kunjungan ke luar negeri, karena alasan studi banding," kata Direktur LIMA (Lingkar Masyarakat Madani Indonesia), Ray Rangkuti melalui pesan singkat kepada Tribunnews.com, di Jakarta, Rabu (3/11/2010).

Ray mengaku mendapat informasi bahwa anggota DPR akan memanfaatkan "plesiran" tersebut dengan sejumlah agenda kegiatan pribadi.

Yang mengejutkan bagi Ray, yakni adanya informasi bahwa ada anggota dewan yang terhormat yang minta sajian tari perut di sela-sela kunjungan studi banding tersebut. "Salah satunya, yang kami dengar adalah adanya permintaan tari perut. Kami tidak tahu, apakah kabar itu benar atau tidak," ujarnya.

Ray mengaku heran dengan tingkah anggota DPR, yang menyelipkan agenda pribadi di dalam kunjungan ke luar negeri.

"Ini tambahan keprihatinan kita saja. Sudah perginya dalam kondisi di mana rakyat mengalami berbagai musibah, uang negara dikeruk untuk studi banding dan di tengah-tengahnya ada agenda pribadi pula yang diselipkan," sindir Ray.

Dengan aksi ini, Ray berharap anggota DPR tersentuh, sadar, dan segera membuat moratorium studi banding khususnya di tahun 2011.

"Semoga muncul kesadaran di kalangan anggota DPR bahwa rakyat telah hampir putus asa melihat perilaku mereka. Dan karenanya jika mungkin mereka menahan diri dalam bentuk moratorium studi banding khususnya di tahun 2011," katanya.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Hasil Liga Champions Minggu Ini

.
0 komentar


Grup A
Tottenham Hotspur 3-1 Inter Milan
Gol: Rafael van der Vaart 18, Peter Crouch 61, Roman Pavlyuchenko 89;
Samuel Eto'o 80

Werder Bremen 0-2 Twente Enschede
Gol: Nacer Chadli 81, Luuk de Jong 84
Kartu merah: Torsten Frings 75

Grup B
Benfica 4-3 Lyon
Gol: Alan Kardec 20, Fábio Coentrão 32, 67, Javi Garcia 42; Yoann Gourcuff 74, Bafetimbi Gomis 85, Dejan Lovren 90

Hapoel Tel Aviv 0-0 Schalke 04

Grup C
Bursaspor 0-3 Manchester United
Gol: Darren Fletcher 48, Gabriel Obertan 73, Bebe 73

Valencia 3-0 Rangers
Gol: Roberto Soldado 33, 71, Alberto Costa 90

Grup D
Rubin Kazan 0-0 Panathinaikos

Kopenhagen 1-1 Barcelona
Gol: Domingues De Souza Claudemir 32; Lionel Messi 31


Klik disini untuk melanjutkan »»

Selasa, 02 November 2010

Lubang Besar Menganga di Daerah Jerman

. Selasa, 02 November 2010
0 komentar

Penduduk suatu kota kecil di Jerman Senin pagi, 1 November 2010, dikejutkan oleh suara bergemuruh yang terjadi di depan rumah mereka. Saat keluar, mereka kaget bukan kepalang mendapati sebuah lubang besar menganga di tengah-tengah kompleks pemukiman.

Menurut kantor berita Associated Press, lubang itu menyerupai kawah berdiameter 30 meter dan memiliki kedalaman hingga 20 meter. Peristiwa ini diduga terjadi dalam semalam di suatu kompleks di Kota Schmalkalden, negara bagian Thuringia.

Lubang sebesar itu membuat hilang sebagian jalan, sebuah mobil yang terperosok serta sebuah pintu garasi warga. Beruntung, tidak ada yang terluka dalam peristiwa itu. Sementara sebuah mobil lainnya tergantung di tepi lubang.

Polisi berdatangan setelah warga melaporkan suara bergemuruh yang bising pada pukul 3 dini hari. Takut terjadi lagi pembentukan lubang pada pinggiran, polisi mengevakuasi enam rumah yang terdiri dari 25 orang.

Petugas dari badan geologi kota tersebut, Lutz Katschmann, belum dapat memastikan apa penyebab terbentuknya lubang tersebut. Namun kemungkinan besar, ujarnya, lubang terbentuk akibat formasi bebatuan yang terdiri dari batu kapur, batuan garam dan kalsium sulfat yang terkikis oleh air sehingga menciptakan sebuah rongga besar yang berujung kepada longsor.

“Kami, para ahli geologi, percaya bahwa ini adalah lubang yang terjadi secara alami. Namun kami tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya,” ujarKatschmann seperti dikutip AP.

Katschmann mengatakan bahwa 20 lubang yang lebih kecil terbentuk di Thuringia setiap tahunnya. Dia mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mangatasi hal ini adalah dengan menambal lubang menggunakan kerikil.

Lubang besar seperti itu bukan hanya terjadi di Jerman. Penduduk di ibukota Guatemala Juni lalu kaget dengan adanya sebuah lubang berdiameter 20 meter dan berkedalaman hampir 30 meter, yang menganga di sebuah perempatan jalan.

Lokasi lubang baru itu terletak dua kilometer dari lubang serupa yang terbentuk tiga tahun lalu. Lubang yang tercipta pada 2007 menewaskan tiga orang dan menelan beberapa rumah di kawasan yang sama.

Lubang besar juga pernah melanda Kota Quebec, Kanada dan Milwaukee, Amerika Serikat.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Blekko.com Search Engine Terbaru Sebagai Alternatif

.
0 komentar

Search engine atau mesin pencari Blekko.com mulai dirilis dalam versi beta pada hari ini. Kehadirannya menjadi layanan alternatif selain Bing dan Google. Proyek ini disokong dengan pendanaan sebesar 24 juta dollar AS dan mulai dibangun sejak tiga tahun lalu.

Blekko mengklaim search engine ini didesain untuk mengeliminasi spam yang jamak muncul dalam hasil pencarian dengan memasang tanda slashtag atau garis miring dalam setiap kata pencarian. Misalnya saja /aikido, /beatles, /wow, /twilight maupun /zen. User juga bisa membikin slashtag untuk dicatat dalam topik yang nantinya terdaftar di Blekko, menjadi follower slashtag yang sudah tersedia, dan melihat statistik atas tulisan maupun data yang sudah di-crawl oleh Blekko. Tak hanya itu, Blekko juga mengidentifikasi berapa banyaknya tulisan atau data yang dobel alias terduplikasi.

Blekko memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi kolom di sebelah kiri sesuai dengan kebutuhan. Bahkan terbuka bagi pengguna untuk membikin slashtag. Hanya saja, tetap mensyaratkan untuk login terlebih dahulu.

Blekko telah diuji coba dengan 8.000 orang yang membikin 3.000 slashtag yang berbeda. Tak kurang dari 11 persen existing user kembali menyambangi Blekko saban minggunya.

CEO Blekko Rich Skrenta dan pendiri Blekko Mike Markson tak memiliki target yang muluk-muluk dalam waktu dekat. Namun, keduanya percaya, bila situs yang mereka bangun ini mendapat kunjungan satu hingga dua juta kunjungan saban hari maka akan mampu meraup untung.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Zainuddin MZ akhirnya Bicara dan Membantah Pernah Janji Operasi Keperawanan

.
0 komentar

Pengakuan artis Aida Saskia yang pernah diperkosa oleh Zainuddin MZ dibantah oleh dai sejuta umat itu. Diungkapkan, tidak pernah ada kejadian tersebut, termasuk janji-janji yang dituduhkan pernah diucapkan oleh dirinya.

"Tidak pernah ada nikah siri itu, tidak pernah ada saya menawarkan operasi keperawanan seperti diberitakan itu. Saya pun heran kenapa tiba-tiba hal-hal semacam itu muncul, apa sih target yang mau dicapai? Karena ini juga sebenarnya bukan lagu (kasus) baru, enam tahun lalu, lagu ini pernah diputar" ungkap Zainuddin MZ menjawab pertanyaan Alvito Deanova dari TV One yang disiarkan Minggu (31/10).

Hanya kepada Alvito Dinova, reporter TV One untuk acara TOKOH, Zainuddin MZ bersedia diwawancarai, karena sebelumnya tidak pernah memberikan tanggapan apapun terkait pernyataan Aida Saskia. Karena Zainuddin MZ sendiri mengaku yakin wawancaranya akan ditampilkan secara utuh, tidak dipotong-potong seperti dilakukan oleh acara infotainment.

"Ketika itu (saat kasus pertama) saya mungkin berburuk sangka, mau menghantam saya lewat jalur politik saat itu. Ketika politik saya tinggalkan, saya kembali ke habitat semula, saya mulai konsisten menekuni umat, ketika sedikit eksis lagi datang angin semacam, tapi lebih dahsyat," lanjutnya dalam suasana di kebun.

"Karena kelihatannya, ada semacam, saya tidak mau mengatakan konspirasi, karena jumlahnya terbatas sekali. Tapi ibarat sebuah permainan, ini jelas ada sutradara, ada produser penyandang dana, dan aktor yang dimainkan," tegasnya saat itu.

Aida Saskia sebelumnya mengaku sebagai korban pemerkosaan Zainuddin MZ, yang dilakukan di sebuah villa. Terang hal tersebut membuat pria yang juga pernah bermain film bersama Rhoma Irama itu marah. Namun demikian tidak pernah kemarahan itu ditunjukkan. Zainuddin belum pernah memberikan bantahan atau pun jawaban paska pernyataan Aida yang menyudutkan itu.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Senin, 01 November 2010

Tips Tips Agar Tetap Fit di Kantor

. Senin, 01 November 2010
1 komentar

Seharian bekerja di dalam kantor bikin tubuh terasa lelah. Hal inikah yang Anda rasakan? Jika iya, lakukan saja latihan ringan yang membuat tubuh lebih segar. Inilah Tips tips agar tetap fit di kantor :

Lebih sering jalan kaki
Jika jarak kantor berdekatan dengan tempat tinggal, Anda bisa jalan kaki menuju kantor. Jika tidak memungkinkan melakukan hal ini secara penuh, cobalah untuk berjalan kaki dalam jarak tertentu menuju kantor. Cara lainnya, cobalah ikuti gaya hidup bike to work yang semakin populer belakangan. Berolahraga sebelum bekerja menambah stamina Anda.

Berjalan kaki juga bisa Anda lakukan dengan mencari lahan parkir yang lebih jauh. Dengan begitu, Anda memberikan kesempatan kepada tubuh untuk berolahraga ringan sebelum memulai aktivitas di kantor.

Saat makan siang, Anda juga bisa mempraktekkan olahraga ringan ini. Lakukan saja 30 menit berjalan kaki, menuju dan dari tempat makan siang Anda.

Pilih tangga daripada elevator
Manfaatkan anak tangga di kantor untuk menambah stamina. Jika tak sanggup menaiki anak tangga hingga lantai 10, setidaknya setengah perjalanan Anda penuhi melalui tangga. Sisanya, lanjutkan dengan menggunakan elevator. Agar lebih bertenaga, lakukan kegiatan ini setelah menikmati sarapan atau makan siang Anda.

Gunakan stability ball di kantor
Jika memungkinkan, bawa saja stability ball milik Anda ke kantor. Gunakan bola ini sebagai pengganti kursi di meja kerja Anda. Duduk di bola selama beberapa jam sehari melatih keseimbangan tubuh. Selain itu, duduk di bola selama bekerja melatih kekuatan otot perut. Saat duduk, Anda bertumpu pada perut dan otot punggung agar memastikan Anda duduk lurus dan tidak terjatuh.

Lakukan peregangan
Kapanpun merasa lelah atau mengantuk saat bekerja, lakukan peregangan. Berdirilah, dan lakukan gerakan peregangan. Cara ini tak sekadar mengembalikan stamina, namun juga memberi waktu untuk rileks melepas stres selama bekerja.

Latihan kegel saat bekerja
Melakukan latihan kegel, dengan mengencangkan bokong atau seperti menahan buang air kecil, bisa dilakukan kapan saja. Termasuk saat sedang duduk di depan komputer. Olahraga ini sangat sederhana yang praktis serta mudah dilakukan di mana saja.

Latihan dengan pedal sepeda mini
Bawa serta alat olahraga mesin seperti pedal sepeda mini ke kantor. Ukurannya yang kecil cocok diletakkan di kolong meja kantor. Anda bisa menggunakannya sambil menyelesaikan pekerjaan di kantor.

Bentuk tim olahraga di kantor
Ajak rekan kerja Anda membentuk tim olahraga. Pilih jenis olahraga yang disepakati bersama. Basket, senam aerobik, Pilates, apapun jenis olahraganya, melakukan kegiatan bersama rekan kerja akan lebih menyenangkan. Cari pelatih, lalu atur jadwal latihan usai jam kantor.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Kenapa Imunisasi Harus Diulang?

.
0 komentar

Kendati di usia bayi imunisasinya sudah lengkap, bukan berarti di usia ini si kecil sudah aman dari ancaman penyakit. Itulah mengapa ada imunisasi yang harus diulang, disamping imunisasi lanjutan.

Imunisasi akan memberikan antibodi bagi anak. Setelah diimunisasi, antibodi anak akan naik. Tapi suatu saat, antibodi itu akan turun lagi. Nah, pada saat antibodi turun atau hampir habis, harus diberikan imunisasi lagi agar antibodi yang turun itu bisa kembali baik. Itulah mengapa, imunisasi ulangan sangat penting.

Kalau tidak, "Antibodi dalam tubuh akan habis atau berkurang, sehingga kemungkinan anak terserang penyakit akan lebih besar," terang Prof. Dr. Sri Rezeki H. Hadinegoro, Sp.AK.

Sesuai jadwal

Memang, tutur Sri, imunisasi hanya bersifat pre exposure atau pencegahan primer. "Sebelum anak berkenalan dengan kuman, jauh-jauh hari sudah kita siapkan pencegahannya." Apalagi jika anak sudah mulai bersosialisasi; mulai masuk play group , bermain, bertemu dengan banyak orang, dan sebagainya. Nah, kita, kan, enggak tahu kesehatan orang-orang yang bertemu dengan anak kita. Tahu-tahu saja anak terkena dipteri, polio, TBC, dan sebagainya. Bahkan, anak yang "dikurung" pun terkadang masih bisa kena juga. Itulah mengapa, imunisasi menjadi penting.

Lebih jauh dijelaskan oleh Sri, tubuh memiliki ambang pencegahan terhadap serangan penyakit. Ambang pencegahan bisa dilihat atau diukur lewat pemeriksaan darah. Misalnya, DPT, diukur berapa kadar Dipteri, Pertusis, dan Tetanusnya. Nah, seorang anak bisa tak terkena ketiga penyakit ini jika antibodinya lebih dari ambang pencegahan.
Ambang pencegahan inilah yang harus dikejar lewat pemberian imunisasi. Tentu saja pemberian imunisasi sebaiknya dilakukan sesuai jadwal. Biasanya dokter yang akan memberikan jadwal tersebut.

"Jadwal itu bukan asal ditentukan, lo, tapi memang dilihat dari perjalanan penyakit." Jadi, kalau pemberiannya terlambat, hasilnya pun tak akan maksimal sehingga anak tetap berisiko kena penyakit. Namun begitu, bukan berarti imunisasi lantas tak perlu diberikan karena sudah kadung terlambat. "Bagaimanapun telatnya, anak tetap harus diberikan imunisasi," tegas Sri, "dengan harapan belum kebablasan," lanjutnya.

Kendati hasilnya tak maksimal, paling tidak, dengan imunisasi ulangan tersebut, antibodinya tak terlalu rendah. Jadi, Bu-Pak, segera bawa si kecil ke dokter bila imunisasinya terlambat. Dokter pun akan membuatkan jadwal ulang agar bisa secepatnya menyelesaikan jadwal imunisasi tersebut, dengan persetujuan orang tua. Tapi harus ditaati, jangan sudah diberi jadwal tapi masih juga bandel terlambat.

Imunisasi yang harus diulang

Sebagaimana diketahui, ada 5 imunisasi dasar yang diberikan saat anak berusia 0-1 tahun, yaitu Hepatitis B, BCG, DPT, Polio, dan Campak. Selain itu, ada satu lagi vaksin yang sifatnya hanya dianjurkan -karena biayanya agak mahal- diberikan di usia 0-1 tahun, yaitu HiB (Haemofillus Influenza tipe B) . "HiB merupakan suatu kuman yang bisa menyebabkan radang selaput otak atau meningitis dan pneumonia. Ini paling berbahaya.

Menurut penelitian, penyakit ini juga menyebabkan kematian terbanyak pada anak-anak. Karena itulah dibuat vaksinnya, meski masih agak mahal," terang Sri Rezeki . Nah, dari kelima vaksin dasar yang merupakan program pemerintah ini, ada 3 vaksin yang harus diulang di usia batita, yaitu DPT, polio, dan campak. Sedangkan vaksin BCG dan Hepatitis B cukup diberikan hanya sekali di usia bayi.

"Vaksin BCG tak perlu diulang karena antibodi yang diperoleh tinggi terus, tak pernah turun seumur hidup. Demikian pula vaksin Hepatitis B, bisa bertahan lama," jelas Sri. Khusus Hepatitis B, lanjut Sri, yang penting sebetulnya mencegah penularan dari ibu ke anak. "Usia produktif wanita untuk memiliki anak biasanya, kan, berkisar pada usia 20 sampai 35 tahun. Nah, usia produktif inilah yang harus dilindungi, yaitu dengan pemberian vaksin Hepatitis B.

Meskipun cuma diberikan satu kali ketika si anak perempuan berusia bayi, namun sudah cukup untuk melindunginya sampai di usia produktif nanti." Sementara vaksin yang diulang, yaitu DPT, dilakukan setahun setelah DPT 3 karena setelah setahun, antibodinya akan turun. "Jadi, harus digenjot lagi agar antibodinya bisa baik kembali." DPT memang sangat crusial karena antibodi yang dihasilkan tak bertahan lama.

Demikian pula halnya dengan Polio, juga diulang setelah Polio 3 karena antibodinya akan turun setelah setahun. Sedangkan campak diulang pada saat anak berusia 15-24 bulan. Pengulangan dilakukan lewat imunisasi MMR (Measles, Mumps, Rubella) , karena selain untuk mencegah campak (Measles) , juga mencegah gondongan (Mumps) dan Rubella yang juga merupakan sejenis campak.
Pengulangan ini sangat penting agar ibu hamil terhindar dari serangan Rubella. Pasalnya, serangan Rubella selagi hamil menyebabkan anak yang dilahirkan bisa menjadi cacat. Misalnya, tubuhnya kecil, menderita kelainan jantung, buta, atau cacat sejak lahir.

Nah, inilah yang harus kita cegah. Bukan berarti vaksin Rubella hanya penting bagi anak perempuan saja, lo. "Anak lelaki juga penting karena dia akan menjadi calon bapak. Bisa saja, kan, si calon bapak ini menjadi carrier atau pembawa penyakit. Nah, dia tentu akan menularkan kepada anaknya," terang Sri.

Jadi, tandasnya, kalau mau membasmi penyakit, ya, harus pada semua anak, bukan cuma anak perempuan. Sementara gondongan, virusnya bisa masuk ke alat-alat reproduksi, baik testis maupun ovum anak. "Bila anak sampai mengalami infeksi akibat virus gondongan, ia bisa mandul kelak," tutur Sri.

Klik disini untuk melanjutkan »»

Tips Membersihkan Sayuran dari Pestisida

.
0 komentar

Tak terbantah, pentingnya sayur mayur untuk kondisi tubuh yang bugar dan sehat. Dibanding dengan sayuran matang, lalapan alias sayuran mentah mengandung unsur gizi lebih banyak. Sayangnya kekhawatiran akan kandungan pestisida membuat banyak orang takut mengonsumsi sayuran mentah.

Membeli sayuran organik memang mengurangi risiko paparan pestisida, namun harganya masih terbilang mahal, lagipula masih ada kemungkinan kontaminasi bakteri dari tanah.

Sebenarnya ada cara mudah untuk menghilangkan pestisida dalam sayuran, yakni mencucinya dengan air matang. Penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Connecticut Agricultural Experiment Station tahun 2000 menemukan mencuci sayuran dengan air matang sama efektifnya dengan menggunakan sabun khusus pencuci sayuran dan buah.

Dalam penelitiannya, para ahli membandingkan metode mencuci sayuran dengan sabun khusus dengan pencucian dengan air matang. Hasilnya, ketika dicuci dengan air matang 9 dari 12 pestisida yang terdapat dalam sayuran dan buah berhasil dihilangkan.

Penelitian menunjukkan adanya beberapa zat kimia dalam pestisida yang tidak hilang akibat pencucian. Sumber air yang tidak bersih juga bisa menyebabkan kontaminasi bakteri penyebab penyakit infeksi, seperti penyakit tifus.

Untuk menghilangkan mikro-organisme, Anda bisa menggunakan sabun pencuci yang mengandung cuka 10 persen. Penelitian tahun 2003 menunjukkan, larutan cuka mampu mengurangi bakteri dan virus yang terdapat dalam sayuran hingga 95 persen.

Cara lain agar aman mengonsumsi sayuran mentah adalah dengan teknik blansir, yaitu pelunakan bahan dengan cara pencelupan beberapa saat (sekitar 5 menit) pada suhu air mendidih, yang kemudian segera disiram dengan air dingin (matang) agar pemanasan tidak berlanjut. Cara ini sangat baik untuk pemasakan sawi, kubis, bayam, kacang panjang, wortel, pare, dan labu siam.

Waktu blansir sangat ditentukan oleh tekstur bahan segarnya. Karena itu blansir sebaiknya dilakukan untuk masing-masing sayuran, tidak dicampur satu sama lain. Sayuran sebaiknya diblansir dalam keadaan utuh dan pemotongan dilakukan segera setelah proses blansir selesai.

Klik disini untuk melanjutkan »»
 

Pengikut

Blog arsipberita.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Dimensi berita